IMAGE-1 IMAGE-2 IMAGE-3 IMAGE-4 IMAGE-5

20 November 2011

Miliki Kartu Diskon Produk UKM


Jakarta - Departemen Perdagangan (Depdag) luncurkan kartu diskon bagi produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) yang menjadi binaan departemen perdagangan. Bagi yang memiliki kartu diskon akan mendapat potongan harga sesuai yang ditetapkan para UKM.
Program ini bagian dari upaya mendukung kampanye 100% cinta Indonesia, merupakan rangkaian program Depdag untuk menumbuhkan kebanggan penggunaan produk dalam negeri bagi masyarakat.



"Mungkin kalau istilah diskon tidak tepat barangkali, mungkin yang tepat adalah harga perkenalan," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu  dalam acara konferensi pers di JCC, Jakarta, Minggu (26/4/2009).



Dijelaskannya program ini masih tahap awal sehingga masih terbatas ruang lingkupnya. Pihaknya tidak memaksakan bagi UKM yang ikut, namun dilakukan secara sukarela dan tidak ada ketentuan untuk membayar.



"Bukan untuk memaksa orang untuk membeli produk Indonesia tetapi menciptakan orang untuk  bangga dengan produk Indonesia," jelas Mari.



Sayangnya, kartu diskon ini untuk tahap pertama belum bisa diperoleh oleh masyarakat luas. Untuk tahap awal hanya akan dibagikan oleh pegawai-pegawai Departemen Perdagangan dan Departemen lain termasuk dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang hanya dicetak 200 kartu. Namun Depdag berjanji secara bertahap akan memperluas akses kepemilikan kartu bagi masyarakat umum.



"Kartu diskon tahap pertama diberikan lingkungan depdag dan departemen lainya, tentunya ada proses disebabrkan ke publik, kadin juga akan diberikan karena sebagi mitra. Mungkin nantinya juga perbankan yang bisa di kartu kredit," jelasnya,



Sementara itu Sekjen Departemen Perdagangan Ardiansyah Parman mengatakan bahwa progra kartu diskon ini bagian dari upaya Depdag mendorong promosi sektor UKM bagian dari kampanye 100% Cinta Indonesia guna memperluas jaringan pasar UKM.



"Kartu diskon berlaku selama 1 tahun, termasuk di Inacraft ini hanya berlaku bagi UKM yang ikut serta dalam program ini," jelasnya.



Mengenai kebijakan harga, semuanya diserahkan kepada produsen UKM masing-masing, karena disesuaikan dengan kemampuan, agar tidak membebani UKM.



"Jadi bukan memaksakan  UKM memberikan diskon," katanya.



Pada tahap awak terdapat 122 UKM yang telah masuk dalam program ini  mencakup 34 unit usaha produk pangan, 4 unit usaha herbal, 66 unit usaha batik-kerajinan, 7 usaha perhiasan, 9 unit mitras usaha yang sekarang ini ikut di ajang INACRAFT 2009 yang akan ditutup pada hari ini.



"Sebenarnya kartu diskon ini tidak hanya berlaku pada saat pameran, tetapi berlaku selama setahun. Sehingga tidak terbatas pada pejabat. Kalau mau memperpanjang silahkan datang ke Depdag," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

how do you make gifshow do you make gifsgif make